tempat yang gw kunjungi di jogja :D


objek wisata di jogja yang gw kunjungi...

1. MALIOBORO
nah, gw baru nyadar kalo malioboro itu nama jalan.. ehe. kenapa gw memutuskan untuk ke sini? ya, simple sih... gara2 denger pembicaraan teman2 kuliah dan tentunya gara2 nonton FTV. tau sendirikan kalo di ftv, malioboro sering banget jadi latar tempatnya? lol
Nah, sepanjang jalan malioboro banyak banget orang yang jualan. dari jualan makanan, pakaian, aksesoris, dll (lupa apalagi. ehehe)
yang menarik dari malioboro kalo menurut gw ya karena keramaiannya dan bangunan sejarahnya.. :)

2. KERATON JOGJA
nah, kenapa gw mengunjungi keraton ini? ya.. karena gw pernah baca suatu novel yang latar tempatnya itu keraton jogja.. :)
biaya masuknya 3000 rupiah. sesuailah harganya dengan fasilitas yang diberikan. (loh?).
kalo gw liat malah jadi terkesan kayak museum.. :)
oh ya, di sebelahnya ada juga mesjid keraton... antik banget..
kebetulan saat itu gw jalan2 ke komplek keraton (lupa nama wilayahnya), disana gw malah menemukan banyak banget pendopo2, dan kayaknya luas banget gitu daerahnya. oh ya, disana juga ada alun2 gunung* kidul yang yang katanya disana ada mitos mengenai 2 pohon beringin.. katanya, kalo kita bisa melewati pohon beringin itu dengan mata tertutup, maka doa kita akan terkabul. ehhe

oh ya, udah tau juga gak mitos kalo di jogja itu gak boleh bangun gedung lebih tinggi dari keraton jogja, katanya kalo bangun gedung lebih tinggi dari keraton dianggap gak sopan euy. :)


3. CANDI PRAMBANAN

gw dan ridho
nah, awalnya agak kecewa dengan biaya masuknya yang lumayan mahal. sekitar 30.000 (mahal gak sih? ehehe). tapi gak sia-sia kok soalnya fasilitas yang dikasi lumayan bagus. candi-candi yang ada di sana luar biasa megahnya. kalo dulu cuma denger candi dari buku2 sejarah, sekarang udah bisa liat langsung gimana bentuk candi itu sebenarnya.. :)
awal tiba disana gw langsung nyari yang mana satu candi prambanan tersebut. eh ternyata, candi prambanan tidaklah ada... what??
iya.. jadi sebenarnya candi prambanan itu merupakan kumpulan candi-candi yang ada disana. jcandi-candi yang ada di komplek candi prambanan itu adalah candi syiwa, candi brahma, candi wisnu candi kelir, candi garuda, dll. (ehe, benar gak sih kayak gini?? CMIIW)
eh ya, disini jug ada  museum mengenai pembentukan candi, pemugaran candi, perawatan, dll yang berkaitan dengan candi.. bagus2 loh. :)

4. CANDI SEWU
candi ini hanya berjarak beberapa ratus meter dari candi prambanan. tapi sayangnya, pengunjung candi ini hanya sedikit. ya! saat disana, hanya ada gw dan teman2 gw aja. mungkin karena banyak yang gak tau, atau banyak yanggak mau tau ya? ditambah pula, disini gak ada penjaga candinya, alhasil gw dan teman2 sangat leluasa berada di candi , tentunya keadaan di candi ini sangat bertolak belakang dengan keadaan di candi prambanan di mana, kita dilarang untuk masuk/naik ke candi2 tertentu. di candi ini, gw sangat bebas.. :)
kalo diliat2, sayang ya, banyak banget candi2 yang udah rusak/runtuh akibat bencana alam yang melanda jogja kemarin.. (semisal, gempa bumi, gunung meletus, dll). ya, harapannya semoga candi ini masih lestarii hingga anak cucu gw nantinya. :) (eh, gw ngomomng apaan deh? ahaha)

5. MESJID BAWAH TANAH
pasti banyak nih teman2 yang belum pada tau mesjid bawah tanah ini. ya tentu saja, gw juga ke tempat ini tanpa perencanaan. kebetulan saat itu gw mau ke tamansari, tapi melewati tempat ini, dan ternyata.... tempatnya unik.. :)
kebayang gak sih ada mesjid di bawah tanah, dan desainnya itu sungguh unik, dimana posisi imam ada di bagian tersendiri, makmumnya jg diposisi yang cukup aneh. ahaha. susah gw jelasinnya. intinya, teman2 wajib ngunjungi nih tempat. oh iya, biaya masuknya gratis... tapi kadang ada bapak2 yang minta sumbangan untuk beliin lampu penerangan bawah tanah. maklum, tempat ini kayaknya gak dirawat oleh pemerintah, jadi cuma ada sukarelawan aja yang bekerja disini.

6. TAMANSARI
gara2 kelamaan main di mesjid bawah tanah, akhirnya gw gagal untuk masuk tamansari soalnya udah tutup ;( (padahal masih jam 4 sore loh..)
alhasil gw cuma bisa foto di gerbang taman sari nya. kata teman gw, taman sari ini tempat pemandian zaman dulu... oh ya, tau alasan kenapa gw mau ke taman sari?? karena... kampus gw itu terletak di daerah yang namanya taman sari, aha, makanya pensaran  aja kan pengen ke tempat taman sari yang sesungguhnya.. :)


7. BENTENG VREDEBURG
gelap (pake kamera HP )
nah, gw gak tau apa2 mengenai nih benteng. soalnya gw ke tempat ini di saat2 terakhir gw dijogja. lagipula saat gw singgahtempatnya udah tutup (jelas aja udah malam gitu. aha). letaknya masih di jalan malioboro kok.. :)






8. OMAH DOMES
sebenarnya ini bukan objek wisata (bener ga? aha). kata teman gw ini komplek perumahan dari korban2 gempa bumi beberapa tahun yang lalu, rumah2 disini unik banget. semua rumahnya berbentuk setengah bola. bahkan mesjid dan TK (Taman Kanak-kanak) nya juga.. ehe.. lucu banget gak sih?





9. RATU BOKO
sayang sayang sayang... sudahlah akses menuju ke tempat ini susah banget, tetapi begitu gw sampai ke tempatnya gw malah gak jadi masuk. kenapa??? karena biaya masuknya mahalllll. 20.000. aha. ini mahal atau gw yang terlalu pelit ya? ckkckc

10.TUGU JOGJA
yeah.. akhirnya bisa juga ke tugu ini. walau bentuknya biasa2 aja, tapi ya senang aja gitu bisa liat langsung maskot kota jogja ini. :)

11. UNIVERISTAS  GADJAH MADA
luar biasa ya universitasnya. bersih, rapi, mewah, intinya mantap deh nih univ. kadang sempat berpikir kenapa gak masuk ke sini aja ya dulu? wkwkwk..

12. KALIURANG, PANTAI PARANGTRITIS, PANTAI ******
tempat2 diatas adalah tempat yang ingin gw kunjungi tapi gak kesampaian gara2 gw dipaksa pulang lebih awal oleh orang tua gw. -_____- maybe next time.. :)


0 comments:

Post a Comment