olahraga di kuliah

sumber: GOOGLE
"lemas"
itulah kata yang menggambarkan perasaan gw saat mengetahui kalo di kuliah gw masih mendapat pelajaran olahraga.
gw memang jarang olahraga dan sangat gak menyukai olahraga (walau gw tau olahraga itu menyehatkan). nilai gw olahraga selama SD, SMP, SMA gak pernah memuaskan.. (pernah sih waktu SMA kelas 2 dan 3 dapat kepala 9, tapi tetap aja itu pengecualian).

nah, kalo di kuliah ini, olahraganya lari... ya... hanya lari. (sesekali diselingi basket, bola kaki, voli) dan itu merupakan hal yang fatal buat gw mengingat riwayat kesehatan gw yang menderita ASMA. asma gw ini kambuh biasanya kalo stres, tidur kelamaan, kena angin malam, kena debu dan asap,  dan kecapaean.

dan kamu tau gimana trek lari di kuliah ini? banyak debu tanahnya... treknya juga panjang banget... 2,4 km (terdiri 6 lap, @ 0, 4 km)harus ditempuh selama 14 menit (bagi cowok) dan 16 (bagi cewek) biar bisa dapat nilai A. orang sehat juga gw rasa agak susah, apalagi yang penyakitan kayak gw. #nangis -_______-

gw pun mencari-cari cara agar gw bisa maksimal saat pengambilan nilai lari. berbagai cara gw tempuh.. seperti latihan rutin (sebenarnya gak  rutin juga sih. ehehehe), minum minuman berenergi (eaaaa). cukup itu aja caranya, kalo teman2 gw lebih lebay. ada yang pake pemberat kaki gitu. jadi setiap  kuliah dia pakai pemberat kaki (kira2 4-8 kg) gitu. ampun dah... niat banget.

kebetulan pengambilan lari di kuliah ini ada 3 kali. nilai latihan pertama, nilai UTS, dan nilai praktek UAS. ditambah satu nilai UAS tertulis.

disini gw akan cerita pengalaman2 gw selama ngambil nilai lari yang melelahkan itu..

#PengambilanNIlaiPertama
dag dig dug.. gw terlalu gugup saat ngambil nilai pertama ini. tapi walau begitu, gw lari seadanya. awalnya gw lari kencang banget, serasa berada diposisi ke 4 dari 50an mahasiswa yang berlari (lari cowok dan cewek dipisah), hingga kahirnya di lap ke  2 gw udah mulai semput, dan gw tiba2 jadi di posisi belakang. OH.. Gw gak mau kalah dong ya.. gw kejar lagi tuh anak2 yang mendahului gw... hingga akhirnya karena terlalu memaksakan kehendak, gw pun tepar di lap ke 3... dan GW SATU-SATUNYA MAHASISWA YANG  BERHENTI DI LAP KE 3!!! bayangkan.. betapa malunya saat itu.
"pak... saya gak sanggup... saya berhenti..." kata gw sambil ngos2an ama dosen yang lagi ngitung waktu lari.
"ya.. langsung lapor dengan pencatat nilai.."

dan setelah lari 3 putaran itu, mata gw udah kunang2, susah jalan, mual banget, pokoknya gw udah kayak orang mau pingsan. padahal masih 3 puteran loh.. apalagi kalo 6 puteran???

akhirnya dengan kekuatan seadanya, gw jalan menuju tukang ojeg. gw sampai di kosan dan gw langsung  ke kamar mandi untuk ngilangin rasa mual gw. eh, ternyata gak ada gunanya. di kamar mandi gw malah mau pingsan. pandangan gw bener2 buram. gw pun memutuskan untuk pingsan di kasur aja.. ahaha.

*minggu depan pun tiba*
setelah melalukan pemanasan.
"yak, bagi yang kemarin sakit silahkan ngambil nilai sekarang ya.." ujar dosen tersebut, oh ya, namanya Pak Tommy

ada 2 orang yang maju. 1 cowok dan 1 cewek. yang cewek gw kenal banget. namanya Ela. teman sekelas gw di kuliah.
gw pun menghampiri bapak terbut
"oh ya pak, minggu lalu saya gak selesai larinya, boleh diulang sekarang pak?" melas gw..
"oh.. bisa.."

akhirnya kami bertiga pun lari bersamaan. seperti biasa, di awal gw yang mimpin lari.. wwkwkw. di lap ke 3 gw udah di kejar ama tuh cowok.. ya pikir gw biasa ajalah ya asal gak tersaingi ama yang cewek. eh, di luar dugaan, di lap ke 6, gw terkejar teman2... di lap terakhir gw malah di posisi terakhir. tapi alhamdulillah ya. waktu kami bertiga tercatat di bawah 14. klao gak salah, mahasiswa cowok 13.50, yang cewek 13.52, dan gw 13.56. wkwkw. gw ampe diledekin dosennya gara2 kalah ama yang cewek.. -___- tapi tak apa... yang penting gw berhasil dai bawah 14. TERNYATA, inti agar lari gw cepat dan bisa sampai finish yaitu harus ada lawan. aha.

#UTSPERTAMA
karena udah latihan dan merasa fit, gw pede banget dalam pengambilan nilai UTS ini. dan yak.. sayang aja, ternyata cuacanya gak mendukung. gerimis teman-teman... dan gw gak ngerti lagi apa gw bisa lari di cuaca kayak gini.
peluit tanda lari pun udah dimulai.. gw lari dengan gak seimbang, maksudnya, gw LEBIH BANYAK JALAN nya dari pada lari. ahahha.
akhirnya gw mencatat waktu yang cukup memalukan untuk golongan kaum adam. yaitu 16.45 menit.

gw sedih banget. argh... kenapa harus hujan di saat UTS... arghhh.
dan untungnya gw mendapat kabar baik dari dosen gw yang menyatakan....
"bagi yang merasa belum puas dengan waktunya, bisa ngulang minggu depan"
OH YEAHHHH! kesempatan ini gak gw sia2in..
gw latihan lari lagiii.. dan saat pengambilan nilai... ALHAMDULILLAH... gw mencatat waktu 13.44 menit.. :D

#UAS
dengan mendadak, tiba2 pak tommy mengatakan bahwa hari itu UAS. jeder,,,,, banyak yang stress dibuatnya gara2 gak ada persiapan sama sekali. UAS kali ini dicepatkan satu minggu gara2 dosen2 olahraga memprediksi bahwa minggu depan bakal hujan (memang saat itu lagi musim hujan).

GW sangat merasa dirugikan gara2 uas mendadak ini mengingat tadi malam asma gw baru aja kambuh. -____-

*lanjut* akhirnya... larilah kami... dan seperti biasanya... gw lari dengan seluruh kemampuan gw karena gw tau bobot nilai UAS merupakan yang tertinggi diantara nilai yang lain. tapi lagi2 sayang.. waktu yang gw tempuh yaitu 14.56.
argh,.,,  hilang sudah harapan gw utk dapat NILAI A di matakuliah ini. -____-

lagi2 gw dapat kabar baik...
"kalo kondisi memadai, bagi yang mau ngulang bisa minggu depan"..
kekekekke
lagi2 gw dikasi kesempatan berharga...
akhirnya.. minggu depan pun tiba,.... gw pun lariii tanpa ampun. dan gw berhasil mencatat waktu terbaik ge selama lari yaitu 13.12 :D (sebenarnya waktu ini masih jauh dibandingkan nilai2 anak cowok yang lain)

gw bersyukur... akhirnya usaha gw untuk dapat nilai terbaik di matakuliah ini sedikit lagi bisa terwujud.. hanya tinggal menunggu UAS tertulis. dan ternyata.. gw merasa sangat bisa nyelesain uas tertulisnya,.. dan semakin PEDE lah gw untuk mendapat nilai sempurna di matakuliah ini..
dan ternyata prediksi gw gak salah.... gw bener2 dapat A. ahaha
alhamdulillah banget. ternyata usaha gw gak sia2 selama ini.

sekalian aja ya, disini gw mau ngucapin banyak terima kasih kepada orang2 yang udah membantu gw saat kuliah ini.
diantaranya.
1. dosen olahraga yang berbaik hati selalu mau memberikan kesempatan kedua bagi anak didikannya.. :D
2. Yoga yang selalu gw suruh ngasi gw minum di saat gw lari. aha.  padahal saat itu kita berdua gak terlalu kenal banget, tapi dia mau aja gw suruh2 sambil lari gitu ngasi minum. wkwkw. baik banget. sekarang, gw dan dia udah dekat gara2 satu jurusan.
3. anggi, BJ, joshua. nah, mereka ini pencatat waktu gw. mereka juag sering gw suruh ngasi gw minum kalo gw udah dilap 3. ahaha. lucu banget kalo diingat2. soalnya kadang mereka suka lupa gitu ngasi minumnya, sampai2 mereka minta maaf sambil lari2 ngejar gw.

walau gw minum itu menghabiskan waktu yangh lumayan banyak, tapi itu wajib gw lakukan... karena mulut dan tenggorokan gw bener2 kering saat udah lari sampai keputaran ke tiga, dan kalo gak minum, bisa2 jadi kayak pengalam pertama gw (gak bisa ngelanjutin lari lagi). ehe

jadi untuk kamu2 yang punya asma, sesak napas, atau apapun itu, jangan patah semangat dengan mata kuliah ini. dimana ada kemauan, pasti ada jalannya.. kok.. BELIEVE IT!!!! EEHEHE

1 comments:

didimz said...

semangat bebek wkwk

Post a Comment