NANGKAP IKAN SEPAT

sumber: google
Childhood

Gw mau cerita mengenai pengalaman gw bersama kiki dan pipit (nama aslinya fitri) yang gak mungkin gw lupakan. Saat itu gw masih SD kelas 3 kalo gak salah.  Pipit dan kiki tentunya belum sekolah.

Saat itu gw ngajak mereka untuk nangguk ikan di parit  tepi jalan ombak.


“woy! Nangguk ikan yok..” ajak gw sama kiki an pipit
“gak dibolehin mamak aku” kata pipit menolak ajakan gw
“ko gimana ki? Bisa kan?” tanya gw pada kiki
“bisa bang apri” jawabnya langsung. Eh ya, gw sampai lupa ngasi tau kalo dikalangan keluarga dan tetangga gw biasanya dipanggil “apri/afri”.
“Ayoklah pit ha… masak ko tak mau. Kiki aja mau. Diam-diam aja. Tak usah kasi tau mamak ko” paksa gw pada pipit.
“yo lah” 


Akhirnya pipit dan kiki menyetujui ajakan gw. Kami pun langsung menuju ke TKP. Dasar gw nya waktu kecil licik, saat udah sampai ke parit besar itu, gw malah nyuruh mereka yang masuk untuk ngalirin arus air ke ujung. Sedangkan gw menunggu di ujung atas parit sambil tangan gw, gw masukin ke dalam parit memegang jala.


Ya. Kiki dan pipit pun jalan bergerak pelan dari pangkal parit hingga ujung, saat udah diujung, gw dengan siap sedia menjala ikan2 nya.
Ya! Banyak ikan yang kami dapat. Kira2 ada 15 ikan sepat kecil2…


Setelah menangkap ikan, kami gak langsung pulang. Soalnya pipit dan kiki takut banget dimarahi orang tua mereka gara2 baju mereka basah dan kotor banget gara2 masuk ke parit tadi. Akhirnya kami putuskan untuk mengeringkannya ke sebuah ruko(rumah toko) kosong yang baru saja selesai di buat.


Agak lama juga kami menunggu proses pengeringan, tapi gak kering2 tuh baju. Sampai akhirnya kami memutuskan untuk kebelakang ruko. Dan melihat ada yang lagi bakar kayu. Kami pun berinisiatif untuk meletakkan baju pipit dan kiki di sekitar kayu yang dibakar itu agak cepat kering. 


Kira2 sekitar 5 menit, pipit pun mengambil bajunya. Dan apa yang terjadi? Bukannya kering, bajunya malah kebakar. Ya! Bajunya bolong di bagian tengah dan kelihatan sekali bekas2 terbakarnya. PAstinya aku dan kiki tertawa ngakak saat itu. Akhirnya dengan malu, pipit pun memakai bajunya yang bolong itu dan langsung pulang dengan lari sekencang-kencangnya. Gak bisa gw bayangin apa  yang terjadi di rumahnya. Secara ibunya garang banget. Ehe.
Ahahaha. mAaf ya pipit.. :D

0 comments:

Post a Comment