OJT POLINEMA, POLBAN, ITENAS (PT. Asahimas Chemical) - Part 4


Nah, untuk OJT keempat ini sebenarnya gw punya pengalaman yang lucuOJT periode Februari 2017 ini ditempatkan untuk departemen VCM2 dan VCM3. Kebetulan mulai dari Januari 2017, gw udah pindah departemen dari VCM3 ke OEG. Jadi gw sebenarnya gak ada urusan lagi tuh mengenai anak OJT. Hingga akhirnya…. Suatu percakapan lazim pun terjadi saat gw berkunjung ke meja VCM3. Gw bilang  LAZIM karena percakapan ini hampir terjadi tiap hari. Wkwkkww.

GW: wah pak fred.. ada makanan nih kayaknya. Buka dong pak.. bukaaaaa
Pak fred: Yang mana nih, ada keripik apel ama nangka.
GW: yang apel aja pak. Dari malang yah itu?
Pak fred: iyah ndi.

Akhirnya pak fred pun membuka bungkusan dan mulai membagikannya ke gw. Gw pun mencoba memakan keripik apel tersebut. Dan… gw merasa kok rasa keripik apelnya beda dengan yang gw makan selama ini. tapi gw tetep sok menikmati. Soalnya gak enakan ama pak fred kalo gw bilang kerupuk apelnya gak enak. Ahahahaha. Ntar bisa2 gw gak dikasi makan lagi kalo main ke meja VCM3.

Gw coba makan lagi keripiknya, kali aja rasanya berubah. Ternyata tetep gak enak. Wkwkw. Sampai akhirnya karena gak tahangw ngomong lagi ke pak fred.

“pak fred.. coba sy liat bungkusan keripiknya”

Pak fredpun ngasi bungkusannya. Gw langsung shock saat ngeliat bungkusan keripiknya. Di situ tertulis bahwa makanan ini udah melewati masa expired. Bener ternyata dugaan gw. Ada yang gak beres nih ama kerikpiknya.

“Pak fred. Coba liat nih, udah expired. Beli dimana si pak? Kok tega amat expired kayak gini masih dijual” Tanya gw ke pak fred.
“HA? Expired? Masak sih? Ini makanan dikasi ama anak OJT yang dari malang”

Gw pengen ngakak sih ini. kok bisa ya anak OJT ngasi makanan terus udah kadaluarsa pula. Ahahhahaa. Akhirnya gw bilang.
“anak OJT? Di VCM3 pak? Ada dimana mereka pak?”
“iya anak OJT adik angkatan saya. Itu tuh ndi di ruangan depan mushalla. Mau kesana? Sekalian ngasi materi aja ya”
“siap pak. Saya juga penasaran mau nanyain kenapa dia ngasi makanan beginian. Wkwkw” jawab gw.

Sebelum gw menemui anak-anak OJT ini, keripik apel yang sebungkus tadi gw sebarin dulu ke teman2 yang lain tanpa gw bilang kalo itu kadaluarsa, wkwkw. Jadi kalo sakit perut ya sakit perut berjemaah di kantor. Terus yang disalahin anak OJT. Wkwkw. Sungguh psikopat tingkah gw. Bahkan saat gw ngasi makanan, ada beberapa teman karyawan yang ngomong kayak gini “tumben banget sih ndi ngasi makanan”. Haahahahahaa. Toh ternyata akhirnya gak ada yang sakit perut sama sekali. :0

Akhirnya gw pun masuk ke ruangan anak OJT sambil membawa bungkus keripik tersebut. Niatnya Cuma mau ngerjain dan say hello doang, Ternyata  eh ternyata , gak sedikit orang di ruangan tersebut, tetapi ada 7 anak OJT disana. 2 dari Politeknik negeri malang, 4 dari politeknik negeri bandung, 1 dari ITENAS. Yang dari polban OJT di VCM2, sedangkan sisanya akan OJT di VCM3.

Gw perkenalin dulu nama gw. Sampai akhirnya gw nanya
“boleh tau siapa yang ngebawa keripik ini?”
Dengan penuh PD pun anak2 polinema menjawab
“kami yang bawa pak”. Nama mereka Irvan dan Firza.

Gw pun ngelanjutin kata-kata gw
“wah.. jadi kalian ya. Sebelumnya saya mau ngucapin terima kasih dulu karena udah mau repot2 bawa oleh2 dari malang ke sini. Tapi ya… nggak kayak gini juga kali ya. Ngasi makanan kok yang udah kadaluarsa. Apa ini sengaja?” ujar gw sambil ngasi bungkusannya ke mereka.

Raut muka mereka berdua langsung berubah. Gw tetep nahan ketawa dalam hati.
Gw lanjutin kata2 gw
“kalian tau gak siapa aja yang udah makan ini sampai akhirnya baru ketahuan kalo ini udah kadaluarsa? Bos2 di sini tadi juga nyicipin pemberian dari kalian ini. tapi sayang.. ternyata kadaluarsa. kalo mereka kenapa2 gimana? Siapa yang mau tanggung jawab?”
Mereka pun bingung. Dan ngejawab
“maaf pak, saya gak tau pak. Soalnya mulai dari ngebeli sampai ngepaketin ke kardus itu ibu saya, pak. Maaf ya pak”

Gw pun bingung mau ngejawab apa. Soalnya kalo udah bawa orang tua gw langsung gak enakan hati. Hahaahahahaha.

Sebelum keluar dari ruangan itu, gw sempat berkenalan dengan 5 yang lain. Ada Darto, Naufal, Dita, Nadya, dan Ari.

Setelah keluar gw pun langsung cerita ke pak fred. Seperti biasa kita pun tertawa saking gagal pahamnya mengenai oleh2 tersebut.

Besok hingga satu bulan berikutnya gw pun mulai mengisi materi ke mereka. Gak rutin sih. Gw kesana kalo gw lagi gak sibuk aja. Soalnya gw gak enakan juga ama bos di departemen gw yang baru. Bisa berabe kalo anggota departemen gw tau gw ngisi materi di departemen yang lain. Ahhaha. Tapi ya itu dia.. gwnya suka banget masuk ke ruangan itu. Soalnya anaknya ternyata gila-gila sih. Kadang bisa gagal fokus gw ngajarnya saking gila-gilanya kelakuan mereka. Apalagi kalo udah ngebahas mimi peri (lagi heboh saat itu di instagram), udah deh gak bisa nahan ketawa.

Agak nyesal juga gw kenal merekanya saat sisa waktu mereka OJT Cuma 2,5 minggu lagi. Akhirnya seperti biasa… tiba saatnya ngasi tugas khusus ke anak OJT. Gw kasi tugasnya mengenai heat exchanger. Karena menurut gw sih penting untuk mereka kelak. Tapi mereka sepertinya keberatan dengan tugas ini. karena emang sih memakan waktu yang agak lama. Sampai akhirnya salah satu dari mereka yang OJT di VCM3 ngomong “Pak.. kemarin sih sebenarnya udh dikasi tugas mengenai tower distilasi sama pak zein”
Gw konfirmasi ke pak zein tapi pak zein nya bilang masih wacana. Terus gw datengin lagi anak ojt
“tugas dari pak zein itu terlalu mudah. Sayang aja menurut saya kalo kalian ngerjain itu. Tapi ya terserah aja sih kalau itu mau kalian. Sama2 berguna sih menurut saya ujar gw agak sedikit kecewa.

Sampai besoknya, mereka akhirnya tiba2 bilang “pak tugas khususnya yang bapak kasi aja ya”

Gw seneng dengerinnya. At least mereka ternyata punya semangat nambah ilmu. Gw pun ngajarin mereka cara rating heat exchanger menggunakan software HTRI. Mereka yang dari awalnya gak pernah mengunakan HTRI, sekarang kayaknya udah familiar banget ama tuh software. Gw aja bahkan jarang pake tuh software. Wkwkkw. Kalo diingat-ingat mah gw bangga sih ama mereka. Proses belajarnya cepat. Tugas mereka pun selesai sebelum masa OJT berakhir.

ini baru full team. kwkwkekwk. 
Gw udah jadi ikutan gila karena sebulan bergaul ama mereka, mulai dari mereka minta id instagram, makan bareng di KFC,  bahkan sampai foto bareng di studio foto dong hahaha. Kebayang gak sih. Hahaha. Makanya begitu mereka selesai OJT, gwnya agak sedih gak ada lagi temen gila. Ahahha.

Sampai sekarang gw ama mereka masih keep contact kok. Sekedar say hello di instastory, nanyain kegiatan, bahkan minta saran mengenai tempat kerjanya. Heehhe. Btw kalo gak salah, semua dari mereka bakal wisuda di tahun ini. selamat guys!!!!

Sebenarnya satu prinsip yang gw pegang saat gw ngasi tugas dan ngisi materi, yaitu jangan sampai mereka gak dapat ilmu saat ojt di sini. Intinya mah jangan sampai sia-sia lah sebulan pergi ke kota orang terus malah gak dapat apa2. Makanya kadang gw suka ngasi tugas ke mereka yang sebenarnya biar mereka gak ngabisin waktu luangnya untuk main2, soalnya kalo lagi OJT ini pembimbing gak selalu punya waktu. Pembimbing juga punya banyak kerjaan loh, guys. Jadi sabar aja kalo emang gak ada yang ngisi materi.



0 comments:

Post a Comment