OJT ITI (PT. Asahimas Chemical) - Part 2


Kemudian OJT kedua yang gw isi materinya yaitu untuk anak dari teknik kimia Institut Teknologi Indonesia. Namanya Agung. Agung ini sebenarnya mah anggota gw di pabrik. Kebetulan dia kerja sambil kuliah. Atau kebalik ya kuliah sambil kerja. Wkwkw. Tapi yang bener kayaknya yang pertama. Soalnya dia lebih fokus ke kerja dari pada kuliahnya kalo gw perhatiin mah. Wkwkww. (sorry, gung!)

Ini foto tahun 2015. jaman konstruksi VCM3
Terlihat masih sangat kurus :)


Awalnya dia bilang kayak gini
“pak andi… saya OJT di sini. Nah, pembimbingnya pak andi aja ya”
“Wah. OK. Ntar bilang manager dulu ya gung”
Kemudian resmilah dia jadi anak OJT gw di bulan Nov 16. Berhubung katanya dia pengen cepat2 lulus kuliah, dia minta tugas khusus OJTnya yang mudah aja.

Gw kasi lah tugas OJTnya mengenai PINCH technology. Terus dia bilang “Wah, belum diajarin pak”.
Gw jawab “Pelajari dulu aja materinya gung. Materi ini manfaat ilmunya gede banget loh. Ntar kalau lu berhasil ngerjain tugas khusus ini pasti dosen dan bos di sini pada seneng”.

Akhirnya dia pun mencoba mempelajari materi ini. Gw sebagai pembimbingnya juga mempelajari ulang materi ini. Sejujurnya gw juga udah lupa. Wkwk. Tugas ini gw kasi ke dia tujuan sebenarnyanya biar gw ada motivasi juga untuk mempelajari ini (lagi). Wkwkw (Sorry lagi, Gung!)

Satu minggu berlalu, satu bulan berlalu….  akhirnya dia pun datang lagi bimbingan ke gw. “Duh pak andi. Susah pak tugasnya… saya gak ngerti. Bisa diganti aja gak sih tugas khususnya? Yang gampangan aja pak. Soalnya saya udah dikejar waktu mau wisuda nih pak”. Karena gw gak enak hati dan gak mau disalahin kalo dia telat wisuda, akhirnya gw kasihlah si agung ini tugas khusus yang menurut gw RECEH banget. Wkwkakka. Padahal gw pengen banget ngasi impresi yang bagus untuk anak didik OJT gw yang pertama ini dengan memberi tugas khusus yang berkelas. Hahahahaha. Tapi yasudahlah ya. Gw juga kasian ngeliat dia harus kerja sambil kuliah kayak gini, waktu istirahatnya kurang banget kalo gw liat. Sampai sekarang katanya bahkan gak punya pacar saking gak ada waktunya wkwkw.

Kemarin jumat dia datang lagi nih bimbingan ke gw setelah hampir 7 bulan vakum. Akhirnya dia curhat “Pak.. dosen saya di kampus gak ngebolehin tugas khusus tentang pompa. Katanya sayang banget soalnya terlalu mudah. Dia nyuruh pinch yang kemarin bapak suruh itu. Tapi sekarang akhirnya malah nyuruh saya simulasi pabrik aja biar cepat”
Gw gak bisa nahan ketawa dengernya.
“kan… bener gung, udah gw bilang tugasnya receh abis. Lu sih mau cepetan. Padahal tugas recehnya juga baru kelar 6 bulan lu kerjain. Ahahhaa”
Ya beginilah resiko kerja sambil kuliah. Berhubung waktunya tinggal 2 minggu, sebagai antisipasi, si Agung pun mengambil sks kerja praktek lagi untuk semester berikutnya. Wkwkw. Gw jadi ikutan sedih saat tau dia ngambil sks lagi. Untuk jaga2 ceunah katanya kalau gak dapat semester ini.

0 comments:

Post a Comment