Trip To Pangandaran


di depan rumah bibinya Yoga
(Sukma, Yoga, gw)
 Pada tau gak kalo boyband atau girlband korea itu punya subgrup gitu? Semisal SISTAR, mereka punya subgrup SISTAR19, atau SNSD mereka punya subgrup TiTeSo, atau malah Super Junior, kalo gak salah mereka juga punya subgrup Super Junior-M. Nah, genk gw (atau dalam istilah sehari-hari basa disebut kelompok belajar) juga punya subgrup. Namanya theboys. Ini merupakan subgrup dari grup SIKLOHEPTAN. Hahaha. Anggotanya theboys, gw (Andi),, Sukma, dan Yoga.

Udah dari dulu banget, kami bertiga pengen jalan bareng ke pangandaran. Tapi dikarenakan kesibukan akademik yang kayak badai, akhirnya keinginan itu belum terwujudkan. Sampai akhirnya minggu lalu saat ada libur panjang karena ada perayaan Nyepi hari senin, kami memutuskan untuk ke pangandaran.

Perjalanan ini gak akan terwujud kalo gak ada yoga. Karena yogalah yang menguasai medan yang akan kami jelajahi ini. Yoi,,, yoga si model ciamis ini sangat hapal mengenai seluk beluk pangandaran. Doi pergi duluan hari sabtu karena harus menemui keluarganya dulu di ciamis. Jadinya ntar doi nyusul gw dan sukma di pangandaran.

Bekal gw ke pangandaran hanya dari instruksi yoga. Apapun yang dikatakan yoga kami turuti. Jadi aja kami sampai dengan selamat di pangandaran. Hahaha. Mau tau bagaimana perjalanan gw dan sukma ke pangandaran? Nih ceritanya…

Gw dan Sukma ke Pangandaran

05.00 Alarm gw bunyi. Aduh.. sial gw masih ngantuk. Nyesal baru tidur larut malam. Akhirnya gw tiduran lg.
05.30 Sukma SMS. “Ndi, udah bangun belum ya?” Gw jawab udah. Tapi gw langsung tidur lagi.
06.00 Alarm kedua gw bangun. Gw langsung mandi dan shalat.
06.15 baru nyadar ternyata belum packing. Aduh. Ini gw niat gak sih pergi jalan-jalannya?  Hahhaa. Sukma SMS. “Ndi, udah berangkat belum?” gw jawab aja udah otw. HAHahaha. Padahal packing aja belum. Parah bener.
06.30 Sukma SMS lagi. “ndi, aku udah di terminal cicaheum. Kamu dimana?” akhirnya gw balas. “aduh suk, maaf banget nih. Angkot gw ngetem parah. Ini gak jalan-jalan dari tadi, masih di gasibu”. Padahal kenyataannya gw baru mau jalan kaki dari kosan menuju angkot. Hahhaa
06.45 Sukma lagi-lagi SMS “Ndi… bisa cepetan gak? Ini busnya udah mau berangkat. Ntar ketinggalan”. Gw balas “tenang aja…. Jam 7 udah nyampe kok”
06.50 “Ndi dimana? Aku udah loby supir busnya nih biar berangkatnya 07.10. Buruan sampainya” gw balas “iya suk.. alhamdulillah ini angkotnya udah gak ngetem lagi kok”. Hahha. Padahal sebenarnya angkot yang gw naikin gak pernah ngetem sama sekali. Ya Allah, berdosa banget ini hambaMu..
Diluar dugaan, tepat jam 7 gw tiba di terminal dan langsung naik busnya. Akhirnya ketemu sukma, untung sukma udah ngetag tempat duduk untuk gw, kalo gak pasti nih bus udah penuh duluan. Saat gw datang, langsung aja busnya berangkat. Ternyata busnya bener-bener Cuma nunggu gw doang. Soalnya sebelum gw naik bus, mas-mas supirnya bilang kayak gini kw gw
“kamu yang lagi ditunggu teman kamu itu ya?”
“iya mas” kata gw malu
“ayo langsung naik ke bus, biar langsung jalan”
Hahahahha

Senang banget bisa jalan-jalan ke luar kota ini. Apalagi jalan-jalannya bareng sahabat hahaa. Di perjalanan sukma kebanyakan tidur, sedangkan gw lebih banyak memperhatikan pemandangan sekitar. Tasikmalaya, garut, ciamis, dll semua kawasan kami lewati. Hahaha. Keren bangetlah pemandangannya. Ada sawah, gunung, pohon rambutan yang lagi berbuah, aduh… jadi ingat kampung halaman.. (?)

Sekitar pukul 15.15 kami baru nyampe pangandaran. Kami minta ke mang supirnya diturunin di mesjid nurul iman sebelum jembatan PLN pangandaran. Setelah diturunin, Kami langsung menghubungi yoga. Ternyata… 5 menit setelah kami menghubungi yoga, terdengarlah suara cabe2an yang sangat familiar memanggil nama gw dari seberang jalan. Oh, ternyata yoga. HAHAHA

Agak aneh. Setelah yoga manggil-manggil gw, ternyata langsung turun hujan panas. Waduh.. langsung aja gw dan sukma berlarian menuju yoga dan ternyata kami diarahkan ke rumah bibinya yoga. Pas banget hujannya gak terlalu sempat membasahi kami. Hhhhe. Langsung istirahat. Makan siang dulu. Aduh.. enak banget dah masakan yoga dan bibinya. Setelah kenyang makan, langsung jalan-jalan ke pantai pangandaran!

Hari-1 Pantai Pangandaran
Dengan menaiki motor (gw bareng sukma, yoga bareng si neng sepupunya), btw kami naik motor tanpa helm dong. Kurang pidana apa lagi coba. Tanpa stnk, tanpa helm kami terobos jalanan pangandaran. Hahaha. Lagian polisinya juga cuek bebek. Masuk gerbang utama pantai dan kami gak dipungut biaya dong, dikira orang sekitaran kali ya. Langsung aja menuju pantai. Banyak banget pantainya. Gw juga bingung namanya apa. Yang jelas masuk pantainya gak dipungut biaya kok. Pangandaran beneran kota wisata sih. Banyak banget penginapan, orang jualan, wisatawan juga banyak. Wah.. senang banget bisa melepas stresss. Hehehhe
Nih foto-foto hari pertama kami

ini mau pamer ke anggota sikloheptan lainnya. ahhaaaa


itu yoga fosenya emang selalu berlebihan, maklum.. mau jadi the Asia's Next Top Model gitu

Pulangnya belanja cemilan dulu, terus masak mie instant. Hahaha. Terus malemnya bingung mau ngapain. Akhirnya tidur deh di rumah bibinya setelah kecapean nonton.


Hari-2 Pangandaran
Ini hari terakhir kami disini. Tapi ini merupakan puncaknya perjalanan kami. Gw bangun subuh, dan langsung tidur lagi. Bangun lagi jam 7.30. niatnya gw jam 8 langsung ke pantai gitu biar gak terlalu kepanasan.. dan yang terjadi ternyata yoganya mau ke rumah kakeknya yang di gunung. Kalo sukma? Masih stay di ranjang. Ampun dah sukma kerjanya gak di rumah, gak di bus.. pasti tidur. Hahhaa.

Jam 8 yoga pulang dari rumah kakeknya, tapi dia mau masak ikan dulu untuk kami. Gw pikir, ya ampun, ini ke pantainya bakal tengah hari banget? Ternyata beneran dong, hahhaa

Kami berangkat jam 10an. Sampai di dermaga pangandaran. Ngeliat airnya yang bersih, biru. Aduh. Bakal susah nih nemu air laut beginian di dumai. Wkakwak. Foto-foto seperti biasa. Selanjutnya pergi ke cagar alam. Seharusnya masuk cagar alam bayar kan, tapi ntah kenapa gara2 trik si yoga yang ngambekan ngeliat petugas peminta uangnya, akhirnya kami berempat pun masuk dengan gratis. Hahaha.

di dermaga pangandaran

Di cagar alamnya banyak monyet gitu. Ampun dah. Dulu aja gw punya tetangga yang melihara monyet gw pasti ketakutan lewat depan rumahnya. Padahal monyetnya dirantai gitu. Nah ini di pangandaran, monyetnya dibiarin aja dong, terus jumlahnya puluhan pula. Setelah sempat tersesat di jalan, akhirnya nemu pantai juga. Setidaknya ini merupakan pantai terindah di pangandaran. Ada 3 pantai yang kami lewati. Ini dia foto-fotonya







Pulangnya… kami langsung deh naik banana boat. Udah lama juga gak naik bananaboat. Terakhir gw naik tahun lalu waktu lagi di sabang,aceh. Hehhee. Seperti biasa, naik banana boat emang seru, apalagi bareng teman!


selesai naik banana boat nih. Btw, bayarnya 30000 per orang ahha

Selesai naik banana boat, basah-basahan, kami pulang. Mandi, dan bersiap-bersiap pulang ke bandung, sedangkan yoga pulang dulu ke ciamis ke rumah keluargnya.

Pulang ke Bandung


Ternyata kami kecepatan dateng ke terminal bus budimannnya. Jam 7 malam baru berangkat ternyata, padahal kami sampai jam 5. Sialnya ternyata busnya gak AC. Panas banget lagi, huhu.. perjalanan menghabiskan sembilan jam dong gara-gara macet. Sepertinya semua orang emang pada mau pulang liburan ke bandung. Kami baru sampai terminal caheum jam 4.30 pagi. Dilanjutkan dengan gw naik angkot ke dago. Untungnya masih ada angkot. Hehehee. Sampai dikosan sekitar jam 5an. Langsung shalat dan tidur pulas. Alhamdulillah….




0 comments:

Post a Comment