Magang divisi HIMATEK


Nah, di HIMATEK (Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia) ITB itu ada istilah magang (sekarang namanya pendidikan pra divisi) sebelum diterima di divisi-divisi yang ada di
HIMATEk itu sendiri. Tujuannya (secara umum) ya agar lebih mengetahui peran dan tugas kita jika nantinya kita dilantik menjadi anggota
HIMATEK..

Nah, awalnya gw masih-masih bingung gitu mau masuk divisi apa di HIMATEK.  hingga akhinya gw merasa PSDA (pengembangan sumber
daya anggota) adalah divisi yang menarik buat gw. Selama berinteraksi dengan kakak senior, gw pun mencari tahu banyak tentang tugas-
tugas PSDA, proker-proker PSDA, dan kegiatan-kegiatan rutin yang biasa dilakukan di PSDA.

waktu pun berlalu... Formulir kontrak magang pun disebarkan... dan gw tiba2 dilema mau memilih divisi apa di formulir tersebut.. -_-
Ntah kenapa ya, tiba2 gw milih divisi Hubungan luar sebagai pilihan pertama. pilihan ke2 malah menjadi divisi keprofesian dan pilihan
ketiganya PSDA. padahal gw gak ngerti apa2* mengenai divisi hubungan luar dan keprofesian -_____-
Setelah menyerahkan berkas  kontrak magangnya, gw mulai nyesal... kenapa gw malah meletakkan PSDA dipilihan ketiga ya... -____-

Tapi gw tetap optimis pasti bisa masuk ke PSDA, karena menurut teman-teman gw, pemilihan divisi itu berdasarkan nilai-nilai yang didapat
semenjak osjur. Kalo nilai osjur nya bagus, otomatis dapat pilihan 1. Nah, kebetulan gw merasa nilai osjur gw biasa-biasa aja, otomatis gw
bisa kelempar kepilihan3 atau 2. Belum lagi katanya yang pilih Hublu sebagai pilihan pertama itu banyak banget, nah, peluang gw untuk
kelempar semakin besar... (gw merasa aneh. baru kali ini gw pengen kelempar dari plilihan pertama gw)

Sebelum malam pengumuman magang, gw sempat ngobrol dengan kakak divisi PSDA. (eh ya, yang nentuin gw masuk divisi mana itu, adalah
PSDA, seperti yang diketahui, PSDA lah yang mengerti mengenai potensi yang kita miliki). "kak... itu pilihan magangnya bisa diganti gak?"
terus kakaknya bilang "emang kenapa?" terus gw jawab lagi "Saya nyesal gitu kak milih HUblu dipilihan pertama, padhal saya belum tau
banyak mengenai hublu" kakak psda pun menjwab "ehe, kita lihat ntar malam keputusannya"

Malam pun tiba... pengumuman divisi pun dimulai...
dimulai dari PSDA...
satu persatu nama anak PSDA pun disebut... hingga nama terakhir disebut, nama gw tetap gak ada.
Jyah,,,, agak kecwa juga nih gak kelempar di pilihan ketiga.. -__-

Gw pikir saat itu gw bakal kelempar di pilihan ke 2, dan gw makin takut. gw malah bener bingung banget mengenai keprofesian. -_-

Sebelum nama anak keprofesian disebut, terlebih dahulu nama anak magang hublu yang diumumkan...

nama anak magang hublu pun diumumkan.... jeng jeng jeng...
"yang pertama.... ****
yang kedua.... ****
yang ketiga... ****
yang keempat.. Andi Ahmad Afriady Arista
yang kelima.... ****
.....
yang terakhir .... ****"

Gw kaget! bener2 kaget... gw masuk dipilihan pertama.... -_____-
baru kali ini loh gw merasa gak senang dapat pilihan pertama.

Gw bingung sendiri.., kenapa gw bisa masuk dipilihan pertama. Menurut berbagai sumber, hal penting yang dinilai adalah CV dan kontrak
magang yang gw tulis kemarin. Perasaan gw nulis kontrak magang asal-asalan.... bahkan gw udah lupa apa yang gw tulis di kontrak itu. (kata
kakak psda, kalo kamu buat kontrak magang asal-asalan, bearti ada anak lain yang buat kontraknya lebih asal-asalan)

Tapi setelah lama berpikir (sekitar seharian...) gw baru sadar Betapa beruntungnya gw masuk divisi hublu ini, mengingat banyak teman2
yang gw rasa lebih pinter dan lebih aktif dari gw malah terlempar dari divisi ini. Mulai sekarang, gw harus mulai menyukai dan mempelajari
lebih banyak mengenai divisi ini. Gw harus aktif dan berkontribusi di divisi yang telah gw pilih ini. kalo kata teman2 dekatt gw sih, divisi ini
telah ditadirkan Tuhan untuk menjadi bagian dari hidup gw. ehehhe

eh ya, setelah melihat2 dokumen yang ada di laptop gw, gw baru tau bahwa di dalam kontrak magang yang gw kasi ke panitia, gw menulis ini

"Divisi pertama yang saya ingin masuki adalah divisi hubungan luar. Alasan saya ingin masuk divisi ini  yaitu karena saya sangat tertarik
dengan pengalaman  kakak senior saat menjabat di divisi ini, selain itu saya juga ingin mencoba belajar bekerja sama dengan pihak-pihak
luar. Secara umum, Hal yang  akan saya lakukan jika saya masuk divisi ini adalah saya akan menjalankan tugas saya secara sungguh-
sungguh.  Secara khusus, saya ingin menjadi (kalau bisa) ketua divisi ini. Di divisi ini, saya ingin membuat kegiatan yang melibatkan seluruh
universitas yang ada di Indonesia (masih belum terpikir jenis kegiatannya). Impian yang ingin saya capai setelah saya masuk divisi ini
adalah saya bisa berkenalan dengan banyak orang, terutama orang yang berasal dari lingkungan luar ITB."


Argh,.. gw kerasukan makhluk apa ya waktu nulis kontrak magang sampai2 gw nulis gw mau jadi ketua divisi dan buat kegiatan yang
melibatkan universitas yang ada di indonesia -____-

0 comments:

Post a Comment