Ramadhan.

darfians.blogspot.com

Alhamdulillah Alhamdulillah Alhamdulillah masih dipertemukan di bulan suci ini. J
Setidaknya di ramadhan kali ini gw merasa ibadah gw jauh lebih penuh daripada tahun lalu. Kalo tahun lalu itu gw ramadhan di bandung.  Puasa ada yang bolong gara2 sakit dan gak ada yang  ngurusin gw, tarawih gw jarang soalnya di sibukkan ama kegiatan kampus dan dikarenakan keadaan juga yang tidak memungkinkan. Ehe, sebenarnya gak bisa nyalahin kegiatan kampus juga sih, buktinya ada beberapa teman gw yang masih bisa tarawihan kok. J
Alhamdulillah sih, di hari ke `11 ramadhan ini gw puasa, shalat tarawih, shalat fardhu, infaq, dan tadarus lancar jaya. Semoga hari berikutnya juga. #amin

Fakta ramadhan gw

1.     Gw lahir di bulan ramadhan loh.. tepatnya 29 Ramadhan 1412 H. nah berarti ditanggal 29 ntar umur gw bakalan 21 dong menurut kalender hijryah. :D
Biasanya kan kalo lahir di bulan ramadha, dinamanya ada embel-embel ramadhan gitu kan ya, nah, ini nama gw gak ada. Padahal adik gw ada loh (Andi Azki Ramadhan) -_-.
bahkan sebenarnya  waktu gw tanya mama, dia juga lupa kalo sebenarnya gw lahir di bulan ramadhan
“ha? Iya gitu bulan ramadhan? Mama lupa” kayaknya gw emang anak yang mudah dilupain ya, -_-

2.    Gw mulai puasa saat kelas 2 SD. Saat itu kalo gak salah Cuma dapat belasan puasa. Maklum, lagi belajar. Ahahha. Nah, kelas 3 Sd gw udah full puasanya. Beda banget dengan adik gw yang sekarang udah kelas 3 SD tapi sampai sekarang belum puasa sama sekali. Saat gw tanya ke mama kenapa adik gw belum puasa. Mama ngejawab
“umurnya kan masih 7,5 tahun, beda dengan apri yang waktu kelas 3 udah 8 tahun”
alasannya agak gak logis -_-

3.    Gw khatam alquran untuk pertama kalinya saat kelas 2 SD. Saat itu lagi bulan puasa loh. Dan yang lebih menggembirakannya lagi, gw khatam quran nya itu serempak dengan mama dan papa. Gw gak tau itu khatam quran yang keberapa untuk papa dan mama. Yang gw tau papa kalo ngaji, 3-6 hari aja udah khatam quran. Padahal papa baca sama terjemahannya loh. Jadi selama 1 bulan ramadhan papa bisa khatam 5-6 kali. Nah, gw kapan bisa kayak papa ya? -_- Bagaimana dengan adik gw? Tepat jam 12 malam tinggal beberapa detik lagi bulan ramadhan tahun ini dimulai, akhirnya adik gw khatam quran untuk yang pertama kali dihadapan gw dan papa (ini mah gak penting ya. Ahaha). Cuma adik gw yang khatam quran dikelas 3, sedangkan gw dan abang gw khatamnya kelas 2. Dan gw langsung nanya ke mama kenapa dia khatamnya malah di kelas 3. Mama pun menjawab
“umurnya kan masih 7,5 tahun. Umur kalian juga waktu khatam segitu” -_-

4.    Ramadhan-ramadhan sebelumnya, biasanya tarawihan ngikut yang 20 rakaat (soalnya orang tua juga ambil 20), katanyakan yang 8 rakaat itu kan muhammadiyah. Nah, sekarang jadinya gw ikut yang 8 rakaat soalnya agak-agak capek. Ngomong2 rakaat dalam tarawihan gw jadi ingat pelajaran agama islam kelas 2 smp. Saat itu guru gw ngasi 10 soal latihan. Soal yang ke 10 itu kayak gini  “berapa rakaat kah kamu shalat tarawih? Dan berikan alasannya” saat itu gw menjawab. “ 8 rakaat, alasanya karena agak capek kalo 24 rakaat”. Dan saat itu gw Cuma dikasi nilai setengah, alhasil Cuma dapat 95. Gw penasaran dong dengan jawaban sebenarnya. Maklum, kalo waktu smp, nilai 100 itu harus didapat kalo gak mau tersingkir dari posisi 3 besar. #apadehgw. Ternyata setelah gw cari, jawabannya seharusnya kayak gini.
8 rakaat, alasannya karena ingin mengikuti  nabi muhammad; atau
24 rakaat, alasannya karena ingin mengikuti sahabat nabi, ummar bin khatab.
gw jadi merasa kesal gitu ngejawab alasannya karena “capek”

yang lain nyusul :)

0 comments:

Post a Comment