GW CINA??? Oh no!

sumber: google
sebelumnya maaf tulisan ini tidak bermaksud untuk mengandung SARA dan meremehkan pekerjaan seseorang.  -_-


Kayaknya udah dari kecil banyak yang bilang gw orang cina.
mulai dari Oom gw yang kalo datang kerumah pasti manggil gw dengan sebutan “Apek kongkong” . I don’t know what it means. Tapi yang jelas itu nama orang cina.
atau mungkin itu bukan sekedar nama, tetapi sebuah ejekan. Masih ingat dengan lagu masa kecil yang liriknya:
“Apek kongkong celana bolong, apek mati di bawah kolong”

lain lagi saudara  gw yang lain. Dia gak tau nama asli gw, taunya Cuma manggil gw dengan kongkong -_-

gw ya biasa aja. Mungkin mereka mau melucu kali ya.

waktu kecil gw emang putih, mata sipit pula. Ya jelas lah ya orang2 mikirnya gw itu cina. Padahal kayaknya gw gak ada keturunan cina. Papa gw orang bugis. Mama gw orang melayu. Cinanya dari mana coba? Usut punya usut, kalo gak salah ternyata atok (kakek) gw yang keturunan cina. LOL

nah, nih gw mau ngasi tau pengalaman gw waktu dikira orang china.

waktu itu gw sekeluarga lagi liburan ke malaysia. Nah, kebetulan kami berkunjung ke salah satu menara di kuala lumpur. Gw lupa menara apa (yang jelas bukan menara kembar). Setelah selesai berkunjung ke menara itu , tepat di pintu keluarnya gw terpencar ama papa dan mama. Maklum aja lah ya anak kecil gak bisa diam. Tiba2 gw dihampiri ama satu rombongan orang cina dan mereka pun ngomong bahasa mandarin ke gw. Gw nya bingung mau ngejawab apa. Akhirnya gw manggil-manggil papa mama gw deh sambil nangis. Ternyata mereka ngira kalo gw cina. -_-

selanjutnya kejadian saat gw jaga kedai. Tau sendiri kan biasanya kedai itu didominasi orang2 cina. Akhirnya suatu ketika saat ada pembeli nanya ke gw,
p= pembeli
A= gw
B= papa

P: hcjahdhasdhaiodja (ngomong cina)
A: ha? Apa pak?
p: asjaishaisha
A:  maaf pak saya gak ngerti.
P: loh. Bukan orang cina?
A: bukan pak. Orang melayu.

P: ko.. beli xxxx (koko itu kalo gak salah panggilan untuk abang dalam bahasa cina)
A: Oh..ini…
P: ushduhdihdisisdjwi
A: HA?
p: bukan cina ya?
A: ehehe. Bukan bu.

P: dek, beli xxx
A: oh itu bu *sambil nunjuk barang yang dicarinya*
P:bapak mana?
A: lagi tidur bu
P: kamu siapa nya bapak itu?
A: anak bu.
P: kok cina? Kirain pembantu.. *speechless*

P: pak.. beli xxx
B: pri,. Ambilkan barang ibu tu
A: *ngambil barangnya*
P: anak bapak yang mana nih pak? Kok cina?
B: *diam*


 nah, tadi pagi kejadian lagi. Ada bapak2 penjual ikan di pasar beli minuman dingin. Padahal kan lagi bulan ramadhan gitu kan.
P: dek, beli minuman dingin. Saya minum di sini ya. Gpp kan? (mungkin beliau malu kalo minumnya di luar toko)
A: oh. Gpp pak.
p: adek tionghoa kan ya?
A: bukan pak. Melayu
p; oh melayu. Waduh. Gppkan ya saya minum? Saya capek kerja dari tadi subuh sampai gak sempat sahur, bla bla bla

bapak ini pun menceritakan pengalaman kerjanya beserta kesuksesan anaknya –anakanya yang sampai sekarang bisa keja di bank dan rumah sakit karena hasil kerja kerasnya.
p: saya rela kerja keras dek, demi anak biar bisa sekolah tinggi

gw bingung. Perlu ya ngasi alasan sepanjang ini Cuma untuk ngasi tau kenapa dia gak puasa hari ini. Sebenarnya ya gpp sih, tapi lama-lama annoying juga sih pake bilang gw gak sekolah lagi,
P: adek gak sekolah lagi kan?  Bagus juga tu bantu2 orang tua jualan. Kalo anak2 saya gak ada bakat jualan, makanya saya sekolahkan tinggi-tinggi,
zzzzzzzz
A: masih sekolah kok pak. Kuliah.
p: oh kuliah? Kuliah dimana?
A; bandung.
P: ambil jurusan apa?
A: teknik kimia. (semoga beliau ngerti deh)*
P: dimananya tu di bandung?
A: ITB pak.
P: OWH. MANTAP!
A: *nyengir*
bapak itu pun langsung buru2 pulang karena minumannya udah abis. Zzz. Sebernarnya gw masih sedikit kesal ama tuh Bapak. Sombong banget , padahal (maaf) sama2 pedagang  kayak gw. -_-


eh, ada yang lupa gw kasi tau. jadi sebelum dia bayar, dia sempat nanya lagi.
p: masuk itb nya jalur murni atau jalur ....?
A: maaf pak, saya masuknya pake tes  murni.


pengen banget sebenarnya gw nanya kayak gini
A: pak, anak bapak kan udah sukses semua tuh. Kenapa bapaak gak berhenti kerja aja? Kan ada anak yang ngasih makan. Lagian bapak udah tua gini.

gw jadi penasaran dengan jawaban pertanyaan gw. -_-

*puluhan orang yang nanya gw jurusan apa, agak capek jg ngejawabnya
D: jurusan apa kuliahnya?
A: jurusan teknik kimia
D: owh. Kimia. Wah. Pinter dong ya kimianya
A: zzzz zz (dalam hati: teknik buk. Bukan kimia murni)




0 comments:

Post a Comment