Dilema UAS saat kuliah


sumber: google
UAS di ITB biasanya di bagi 2 sih. Karena emang wajib atau hanya untuk anak-anak yang nilainya kurang. Dan gw tentunya pernah dong ngikutin UAS untuk yang nilainya kurang (ß-- malah bangga)

Sebenarnya ikut UAS ini seperti apa ya perumapamaannya.. makan buah simalakama? Biasanya yang boleh ikut UAS adalah anak-anak yang nilainya di bawah B dan kalo beruntung setelah ikut UAS nilainya bisa jadi B, bisa juga jadi AB (tergantung dosennya). Tapi, bisa juga tetap di bawah B, bahkan bisa menjadi E kalo lagi gak beruntung.

UAS saat TPB
Saat TPB gw pernah ikut UAS untuk yang nilainya kurang. Gw ikut UAS kimia di semester 2.  Gw ikut UAS karena gw dapat C. Sedih sih. Dapat C pertama kalinya. Dan tentunya gw gak mau ada nilai C di transkrip IP gw ntar. Makanya gw memberanikan ikut UAS apapun resikonya. Cukup banyak teman gw yang dapat C gak mau ikut UAS soalnya semester lalu teman gw ikut uas kimia dan nilainya malah jadi D. Sedih gak sih? Tapi ya gw PD aja ikut UASnya. Dan….. Nilai akhir kimia gw naik 2 indeks. Jadi B. Hahahaha. Alhamdulillah. Untuk TPB gw berhasil tidak mendapat nilai C :)

UAS saat Tingkat 2
Saat tingkat 2, pertama kalinya masuk teknik kimia gw sempat deg-degan. Nilai gw  jatuh ke dasar laut. Mata kuliah Neraca Massa dan Energi yang menurut gw paling gw mengerti malah dapat BC. Akhirnya gw ikut UAS agar jadi B. Sedihnya…… Indeks gw malah jadi C. hiks. Perdana dapat C. Pengen nangis. Tapi apa mau dikata, nasi sudah menjadi bubur. Andai aja saat itu gw mengundurkan diri seperti teman-teman yang lain, pasti indeks gw gak C. Dan  tau kah kamu? Bahwa semua anak yang gak ikut UAS, indeksnya dinaikin soalnya anak2 yang ikut UAS pada dapat jelek semua nilainya. Bahkan seharusnya ada yang E. Tapi karena bapake gak tega, jadiya semua mahasiswa indeksnya dinaikin gitu. Ya Allah.. nyesal banget ini :(

UAS saat tingkat 3
Saat tingkat 3, gw kembali dapat nilai C untuk mata kuliah pengendalian proses dan sistem utilitas. Gw bingung sih. Kenapa dimata kuliah yang di UTS 1 nya gw dapat nilai bagus, malah tiba2 jadi C di nilai akhirnya. Apakah UTS 2 gw seburuk itu? Akhirnya gw ikut kedua UAS mata kuliah ini. Alhamdulillah berubah menjadi B. hahahha. Gak sia-sia sih belajar mati-matian.

UAS saat tingkat 4
Saat semester 7 kemarin gw kembali ikut UAS. Yaitu mata kuliah Fasilitas Permukaan Gas dan Minyak Bumi. Gw dapat indeks BC. Sedih sih ini. Gw merasa mampu, makanya gw ikut UAS. Dan hasilnya…. Gw dapat B. Padahal ngarepnya bisa dapat AB. Tapi yasudahlah. Naik satu indeks juga harus bersyukur.

Sebenanya gak semua matakuliah member UAS perbaikan nilai. Hanya dosen-dosen yang peduli nilai mahasiswanyalah yang memberikan kesempatan seperti ini. Terima kasih Bapak  dan Ibu Dosen.





0 comments:

Post a Comment