PLACEMENT TEST BRIDGING ITB 2010 (TEST PENEMPATAN FAKULTAS)


Ini dia tes yang sangat menentukan keberadaaan aku di Itb dan beasiswa yang akan kudapati.
Tentunya tes ini bukan hanya menentukan keberadaanku saja, melainkan menentukan keberadaan semua peserta bridging yang berjumlah 300an itu.

Okey... sekarang aku mau menjabarin gimana sistematika placement testnya.. (sesuai ingatanku saja)
1.       Pada saat daftar ulang bridging program, kami diberi lembaran kuisoner yang berisikan macam2 fakultas yang akan kami pilih nantinya. Saat itu hanya boleh  memilih 3 pilihan fakultas dari 10 fakultas sains dan teknik yang ada di ITB.
Hm... saat itu aku memilih...
Pilihan 1: FTI
Pilihan 2: FTTM
Pilihan 3: FITB
Waw... agag maut gitu pilihan 1 dan 2 yang aku pilih... sempat dag dig dug..
Apalagi setelah beberapa hari mengisi kuisioner tersebut,  muncul berita di website resmi Itb yang mengabarkan bahwa pada USM terpusat, FTI merupakan fakultas dengan peminat paling tinggi. Di posisi kedua yaitu FTTM, sedangkan di posisi ketiga STEI.
Gubrak deh!! Sempat strez juga baca berita kayak gini. 2 pilihan ku ternyata masuk pilihan favorit.. L

2.       Di saat bridging program, kami diberi semacam matrikulasi... adapun pelajaran yang dipelajari yaitu Matematika, fisika, kimia, bahasa indonesia dan bahasa inggris.
Matrikulasinya membuat pusing. Materi yang diajarin terlalu berat kayaknya. Aha. Terus ada ujiannya pula. MasyaALLAh.. yang membuat takut, nilai ujianku selama matrikulasi malah pas-pasan... argh!!!!!!! Eh ya, Pelajaran yang diajari selama matrikulasi ini sangat membantu untuk placement test.. 

3.       Di saat bridging program juga ada semacam kuliah umum. Kuliah ini mantap banget, solanya bisa membuka wawasan kita. Tapi kalo aku dan teman2, biasanya Cuma ngobrol2 aja ketika kuliah umum ni. Soalnya kadang agag membosankan. T,T. Kadang dalam kuliah ini juga dibahas mengenai prodi2 yang ada di ITB, sehingga nantinya kita tak akan salah  pilih fakultas nantinya...

4.       1 minggu sebelum placement test, kami diberi kuisioner yang kedua. Nah.. ini dia kuisiner yang paling menentukan.... pada pengisian kuisioner ini,  aku merombak abis pilihan-pilihan fakultas.  Hm... masuk tidaknya aku difakultas, ternyata ditentukan oleh nilai saat placement test dan kuota fakultas yang ada di Itb... Nilai saat placement test juga  harus mencapai TKR (tingkat kesulitan relatif). TKR yang paling tinggi yaitu STEI (84) yang kedua FTI (82) yang ktiga FTTM (79).

Saat pengisian kuisioner yang kedua ini, aku memikirkannya dengan masak2. Banyak hal yang harus aku pertimbangkan. Mulai dari keinginan, beasiswa, dan kemampuan.
Keinginan aku di Itb yaitu dapat FTI...
Beasiswa aku juga menuntut supaya dapat FTI (Teknik kimia,teknik fisika, teknik industri),  FTSL (hanya teknik lingkungan) , FTTM (hanya teknik perminyakan), STEI (teknik elektro dan teknik informatika), FITB (hanya teknik  geologi), FTMD (hanya teknik mesin)
Bagaimana dengan kemampuan ku???? ZZZ

Jika nilai saat placement test tidak mencukupi pada pilihan 1, 2, maupun 3, maka ITB akan menempatkan aku di fakultas yang masih bisa menampung aku. Biasanya fakultas yang bisa menampung yaitu FMIPA dan SITH. L
Otomatis jika aku terlempar atau dialihkan ke FMIPA atau SITH, pastinya beasiswaku gag akan cair... lagi pula aku gag minat di fakultas tersebut...

Oke.. setelah berpikir matang2, dibantu oleh masukan teman2 asrama, akhirnya aku memutuskan untuk mengambil fakultas yang tingkat kesulitan relatifnya  kira2 bisa aku jangkau...
Pilihan 1: FTI (masih tetep) TKR =82
Pilihan 2: FTSL  (padahal gag niat, tapi demi beasiswa.. L ) TKR=  75
Pilihan 3: FTMD (lumayan minat sih...  lagi pula kepsek juga nyaranin masuk sini) TKR= 73
Ahha.. agag berbeda drastis dengan kuisioner pertama... tapi gag apalah...

5.       Placement test hari pertama.  Kebetulan aku masuk lewat jalur kemitraan pemda yang seleksi mandiri (TANPA USM), jadinya harus mengikuti tes psikotes.. yang megikuti tes hanya ada 20 orang, 5 dari olimpiade,s edangkan sissanya dari kemitraan daerah..  L agag lama juga tesnya... sekitar 5 jam-an. Tapi alhamdulillah saat itu lancar banget ngerjainnya.. :D

6.       Placement test hari kedua. Kembali lagi, aku dan 20 anak yang lain harus mengikuti tes bakat skolastik. Ampun!! Soalnya parah!! Susah banget.... L . waktunya singkat banget lagi. Hiks...  setelah selesai, dilanjutkan dengan tes bahasa inggrisa, matematika dasa serta MIPA terpadu. Nah... kalo tes ini, diikuti oleh semua peserta bridging yang berjumlah 300an. 
Pertama agag dag dig dug gitu ngerjainnya. Tapi setelah lama-lama dikerjain, ternyata bisa juga. Ni berkat kuliah Mafiki (matem, fisika, kimia) saat bridging.. Ehehe. emang ada sedikit pelajaran yang agag lupa, tapi yo wez lah... asal isi aja... ahhaaha (padahal kalo salah ada nilai minusnya). Pelajaran bahasa inggris aku jawab semua soalnya. Matematika dasar aku jawab 38 dari 40 soal. Kalo MIPA TERPADu aku jawab 37 dari 40 soal. Ehehe.. (nekat banget)
Eh ya sekedar informasi,  soal yang dikeluarkan saat placement test bridging yaitu soal USM /PMBP terpusat...  ZZZ. Sempat sakit hati juga kalo soal tesnya kayak gini karena udah banyak yang tau bentuk2 soalnya... apalagi ada beberapa peserta bridging yang masuknya lewat USM terpusat. Otomatis mereka udah pernah ngerjain soalnya.. L

                Okey... saat itu udah coba keep optimist aja... walau sebenarnya udah muncul rasa pesimis...  Arggghhhh!!! soalnya banyak banget yang ngambil FTI di pilihan pertama.. :(

7.       Kata panitia, 4 hari setelah placement test, hasilnya akan diumumkan...  
Buar.....  4 hari kemudian, ternyata belum juga diumumkan. Malah kami mendapat kabar yang sangat menakutkan.. pada hari itu,  beberapa teman sekelas ku mendapat telepon dari panitia yang intinya itu menyatakan bahwa dia tidak diterima dipilihan 1, 2, maupun 3. Dan mereka memberi 2 pilihan fakultas yaitu FMIPA dan SITH. Katanya ada 32 orang yang ditelepon saat itu. 16 diantaranya ada dikelas ku. Huahhh.. sumpah... makin dag dig dug kalo ditelepon pihak ITB.
Dan besoknuya,,,  jreeng... salah satu temanku yang ditelepon pihak ITB, berkata padaku bahwa aku juga termasuk dalam daftar 32 orang itu, dan aku disuruh datang ke kantor akademik ITB. Arghh!!!! Rasanya pengen nangis saat itu. Otomatis aku langsung pergi ke kantor itu. Dan ternyata.... nama ku gag ada dalam daftar 32 orang itu. Sumpah!! Aku bersyukur banget... ternyata temanku salah liat nama...

                Tapi tetep aja aku sedih. Soalnya banyk banget teman sekelasku yang ditelepon. Padahal rata2 dari mereka itu pinter2 semua... nilai ujiannya juga bagus2... mungkin mereka kurang konsentrasi saat pengerjaan soal di placement test atau ada faktor lain yang... ******

8.       Oke.  Hari pengumuman....  pengumumannya bisa diakses di situs resmi Itb dengan memasukkan nomor peserta bridging dan tanggal lahir jam 1 siang.
Jreng....
Waktu udah menunjukkan jam setengah 2 siang... tapi aku belum berani melihat hasilnya. Padahal, Teman2 sekelas udah pada SMS menanyai fakultas yang aku dapati.
Akhirnya kuberanikan diri untuk mengakses hasilnya melalui Handphone ku. Dan ternyata....
Gag bisa.. sudah   saja gag bisa...  hanya muncul tulisan seperti ini  ”maaf nomor ****** tidak terdaftar dalam peserta bridging” argh!!! Bikin aku maki panik aja...  akhirnya temanku menyarankanku untuk melihat hasilnya melalui komputer. Mereka beropini mungkin tidak bisa diakses melalui hape.
Oke. Akhirnya, aku dan teman2 ku pergi ke perpustakaan. Kebetulan disana bisa intrenetan gratis..  
Dan jrenggg... tetap aja gag bisa.. hasilnya juga sama. “maaf nomor ****** tidak terdaftar dalam peserta bridging”
Akhirnya aku pun menelepon kantor akademik Itb..
Ternyata... aku salah memasukkan tanggal lahir. Di data base mereka tanggal lahirku 28 april, padahal aku lahir pada tanggal 2 april...
Hm... oke..... akhirnya kucoba mengaksesnya dengan  memasukkan tanggal 28 April 1992 di tab tanggal lahir, dan hasilnya tertulis..

No. Peserta Bridging Program KN–ITB 2010 :
"102705***"
Nama peserta  Bridging Program KN-ITB 2010 :
"ANDI AHMAD AFRIADY ARISTA"
Fakultas:
“Fakultas Teknologi Industri (FTI)”

Brug... aku langsung teriak kegirangan  di perpustakaan. Dan otomatis semua orang yang ada diperpus pada terdiam dan fokus melihat aku. Sumpah!! Agag malu juga.  Soalnya aku langsung ditegur oleh penjaga perpustakaan supaya menjaga ketenangan. Ahaha. Teman2 ku langsung ngucapin selamat. Alhamdulillah.. thanks GOD... akhirnya usahaku gga sia-sia juga.  

9.       Okey.. dengan berakhirnya pengumuman fakultas, berakhir juga kegitan resmi bridging program. Dilanjutkan dengan jalan2 ke dufan beserta acara angkatan bridging.

10.   Peserta bridging mendaftar ulang. Dan kuliah bareng dengan anak USM daerah, USM pusat dan juga SNMPTN. :D






0 comments:

Post a Comment