BRIDGING PROGRAM ITB 2010



Alhamdulillah...
Aku bersyukur banget bisa ngerasain program bridging ini...
Pengalaman yang gag akan pernah bisa aku lupakan..

Mulai dari tempat tinggal, tempat belajar, tempat makan... Huahhh...
Semua punya kenangan masing-masing yang (mungkin) gag akan aku jumpai di kegiatan lain.. :D

Selama bridging, kami ditempatkan di rusunawa Sangkuriang. Asramanya lumayan bagus. Terus ada 2 bangungan. Asrama A dan Asraama B. Tiap Asrama ada 5 lantai yang teridir dari 48 kamar. Tiap kamar terdiri dari 2 orang. Lengakap sih.. tiap kamar ada 2 kasur, ada 2 meja belajar, ada 2 kursi, ada 2 lemari pakaian dan ada 2 kamar mandi.
View depan asraamanya itu ya pegunungan dan perbukitan.. sedangkan view belakangnya itu kuburan... hm.. lumayan serem... (kata penduduk sekitar, rusunawa ini dulunya merupakan bekas kuburan)
Keseharian ku selama bridging program yaitu dimulai dari bangun jam 5 pagi. Dilanjutkan shalat subuh. Kemudian memakai pakaian untuk kuliah (biasanya aku pake kemeja dan celana kain). Jam 6.30 aku dan teman-teman asrama langsung sarapan (biasanya makan nasi kuning). Jam 6.45 langsung deh berangkat ke kampus tercinta.... jarak dari asrama ke ITB itu cukup jauh.. sekitar 30 menit kalo jalan kaki..  akses angkot sussah banget kalo di asrama... hiks..
Hm.. kira2 jam 7.30 aku udah sampai ke kelas. Jam 8 juga udah masuk..
Materi yang diajari saat bridging juga beragam... ada Matematika, Fisika, Kimia. Ada juga  Bahasa Inggris dan  Bahasa Indonesia hingga minggu ke empat. Dan khusus untuk hari Sabtu ada Olahraganya..ada 1 pertanyaan yang membingungkan..... kenapa tidak ada belajar BIOLOGI???
ZZZ
Biasanya jam 12 udah istirahat hingga jam 1 siang. Kalo istirahat biasanya aku sekalian shalat zuhur di mesjid Salman (mesjid depan ITB), terus dilanjutkan makan siang di kantin Salman.
Jam 1, udah masuk kuliah lagi... biasanya hingga jam 3 sore. Jam 3 sore dilanjutkan dengan kuliah umum di gedung LFM...  pulangnya sekitar jam 5 sore. Langsung deh menuju ke perpusatakan untuk shalat ashar berjemaah.
Jam 6 biasanya udah samapi di asrama... terus langsung mandi dan shalat maghrib.. usai shalat, langsung cari makan di luar... jam 9 udah terlelap tidur.
Hari Sabtunya olahraga di SABUGA. Di mulai jam 7 pagi hingga jam 10. Biasanya setiap pulang olahraga, kami diberi makan gratis. Ehehe...

Ahahah. Kegiatan bridging emang sangat melelahkan.. beuh.. bayangin saja, kegiatan diatas kujalani selama 6 minggu tanpa jeda.... ZZZ
Oh iya, kegiatan yang sangat memuakkan di saat bridging yaitu jika ada Quiz atau ujian..
Huahhh.... soal ujiannya maut banget.. tapi yanga anehnya, tetap aja ada makhluk yang ujiannya bernilai tinggi... -.-

Kuliah umum juga kadang membosankan.. bahkan kadang banyak yang tidur di saat kuliah umum. Ehehe.

Sampai lupa ni...
Peserta bridging program itu bermacam-macam. Ada anak kemitraan daerah (kayak aku) dan kemitraan perusahaan , ada anak beasiswa bidik misi, ada juga anak Olimpiade.

Yang banyak itu biasanya anak kemitraan daerah... soalnya, tahun ini aja Jawa Barat ngirim 80an peserta. Belum lagi anak kemitraan daerah lain. Kalo yang paling sedikit, ya anak olimpiade. Kurang lebih ada 10an... jumlah keseluruhan peserta bridging tahun ini sekitar 300an orang.

Sebenarnya tujuan dilakukan briging program ini ya semacam masa pembelajarn gitu, Biar gag shock ketika pertama kali mengahadapi kuliah trus juga Biar bisa mengetahui keadaan lingkungan kampus dan sekitarnya trus juga biar mantap saat placement test. (benar gag ni? ahaha)

Hm... puncak dari kegiatan ini yaitu pada saat placement test... placement test merupakan tes terakhir untuk mendapatkan fakultas yang sesuai dengan kemampuan kita. Di sini lah, hidup mati anak bridging dipertaruhkan..
Kegiatan placement test dilaksanakan selama 2 hari. Hari pertama tes psikotes, sedangkan hari kedua merupakaan test kemampuan dasar dan MIPA terpadu.

Mungkin aku lah yang paling sial dalam kegiatan ini. Mengapa??????  Karena aku termasuk salah satu dari 30 orang anak yang harus mengikuti tes pskotes.
Yaph.. emang bener.. tes psikotes ditujukan untuk peserta yang sebelumnya masuk bridging tidak melalui USM daerah maupun USM terpusat.
Oke... aku yang anak kemitraan daerah Dumai, masuknya emang gag pake USM. Hanya mengirim nilai rapor dan sertifikat yang kupunya ke ITB. Jadi alhasil harus mengkuti tes psikotes bersama anak Olimpiade dan anak kemitraan provinsi Riau, Aceh, Palembang, Bangka Belitung sertacsalah satu kabupaten di Kalimantan (lupa namanya apa).

Hari pertama Cuma diikuti 20 orang peserta. Yang 10 lagi aku gag tau ntah kemana. Semapt dag dig dug.. aih... mana soal tes psikotesnya susah banget....  tapi Alhamdulillah aku ngejawabnya lancar aja.. soalnya udah minta wejangan dulu ma teman2 di Asrama..

Okey. Hari kedua diikuti oleh 300an peserta. Wew.. ini puncak dari segala tes. Dag dig dug lagi. Awalnya sempat ragu dengan pilihan pertama jurusan aku.. aku milih FTI (fakultas Teknologi Industri). FTI merupakan fakultas dengan nilai TKR tertinggi kedua di ITB setelah STEI. TKR FTI yaitu 82, sedangkan TKR STEI 84. Huft..
 Dan yang paling membuat dag dig dug,  ternyata Fakultas yang mempunyai minat  tertinggi saat bridging program ini yaitu FTI. Huahh.... makin jantungan deh....

Dari pagi hingga sore kami melaksanakan TEs nya. Agag pusing juga. Yo wez, saat itu Cuma bsia tawakal aja, soalnya aku udah berusaha dan mengeluarkan seluruh kemampuanku.

Hm..  kata panitianya 4hari kemudian akan diumumkan hasilnya.

Okey. 4 hari kemudian.... dan ternyata pengumuman ahsilnya diundur... beh... makin dag dig dug... aplagi ditambah degan cerita teman2 yang menyatakan bahwa ada 32 orang yang ditelepon pihak ITB dikarenakan mereka tidak masuk di fakultas pilihan pertama, kedua maupun ketiga...

Aku makin was-was. Semoga aku tidak ditelepon juga. Soalnya aku takut bener.. pilihan fakultas ku itu kayak maut semua... pilihan 1 FTI. Kedua FTSL. Ketiga FTMD. Padahal pesrta yang lain bahkan meletakkan FTMD itu dipilihan pertamanya.

Hm.. lagi2 aku Cuma bsia bertawakal...  

Okey... akhirnya esok harinya pengumuman....
Pengumumannnya bisa di akses si situs resmi ITB..
Dan ternyaata aku lulus dipilihan......
1..
Huahh...
Alhamdulillah.... akhirnya bisa jadi mahasiswa FTI ITB 2010..
:D

                                               

2 comments:

Anonymous said...

kak mau tanya dong bridging program tuh program wajib setiap maba di itb atau khusus beasiswa aja, misal lulusnya lewat sbmptn (tulis) kita harus ikut juga? terus saat kita dinyatakan lulus di itb lewat sbmptn, terus ikut bridging program, tapi gagal, kita didiskulifikasi gitu?

andia4 said...

setahu aku program birdging udah gak ada lagi. yang terakhir dapat program bridging itu di jaman aku.

nah, kalo jaman kalian ini namanya matrikulasi. Kalo tahun lalu, matrikulasi wajib diikuiti semua mahasiswa snmptn undangan.

kalo lewat sbmptn tulis gak perlu lagi ikut matrikulasi. gak sempat juga waktunya.

terjawab?

Post a Comment