Evaluation Report 2019


Gemuk tanda makmur. HAHAHA

Masih inget postingan gw mengenai evaluation report tahun lalu? (bisa dibaca di sini). Iya..... Tahun lalu, tahun dimana gw merasa sangat percaya diri untuk mendapatkan nilai A atau B. Hahaha. Astajim. Sungguh gw takabur. Haha. Tapi Alhamdulillah dikabulkan. Bagaimana dengan tahun ini?

Nah.. jadi untuk tahun ini gw gak berharap dapat nilai A lagi. Karena apa? Ya karena tahun ini gw merasa gak melakukan hal2 yang terlalu mengesankan di bidang kerja gw. Eh ada ding, tapi gak banyak... diantaranya saat gw berhasil membawa tim/departemen gw  meraih juara 1 di kompetisi kaizen tahunan se-asahimas dan berhasil memperoleh sertifikat guarantee operation untuk pengoperasian reaktor baru.

Sehingga, bayangan gw untuk tahun ini hanya dapat nilai C. That’s it. Kalo gw dikasi nilai C, ya gw woles aja. Kalo dikasi B ya syukur alhamdulillah. Tapi kalo dikasi D? Oh. Gw pasti protes. Hahaha.

Gw sebenarnya udah berencana mulai tahun ini GAK AKAN membuka kertas evaluasi tahunan gw. Karena takutnya gw akan demotivasi kalo dapat nilai yang nggak sesuai harapan. Banyak juga kok temen kantor yang menerapkan metode ini. Soalnya mereka berpikir rezeki udah ada yang ngatur dan takdir Tuhan gak akan salah. FYI, kalo nilai bagus, kenaikan gaji juga bagus. Hehehe.

Hari pembagian rapor pun tiba. Saat itu hari selasa tanggal 14 Mei 2019. Gw baru selesai ngasih training ke operator mengenai project baru yang sedang di-handle OEG, tiba2 Mr.T (boss gw) ngomong
 “Ndi...bisa ke ruangan sebentar?”

Deg. Momen yang dinantikan, I mean... pembagian rapor pun dimulai. Kami berdua pun ngobrol empat mata. Nggak ada suasana suram sih. Gw juga dari awal bawaannya santai karena tahun ini gw sama sekali gak expect bakal dapat nilai bagus. 
“Okay ndi. Ini slip THR kamu dan ini kertas evaluasi kamu ya” Ujar Mr.T sambil memberikan 2 slip kertas.
“Makasi Pak” kata gw sambil senyum2. Kertasnya gak gw buka sama sekali. Karena sesuai dengan keputusan gw sebelumnya, kertas evaluasi GAK AKAN mau gw buka.
Sampai akhirnya Mr.T ngomong:
“Dibuka dong ndi. Takutnya nilainya malah berubah loh”
“Lah,emang bisa berubah, Pak?” jawab gw polos
“Ya siapa tahu, kan?”

Akhirnya dengan terpaksa gw bukalah selebaran kertas bewarna hitam putih itu... 
Dan.... gw shock. Bener-bener shock.
“Pak... ini seriusan nilai saya?” tanya gw masih ragu.. antara percaya dan gak percaya..
“Emang nilainya apa?” tanya Mr.T memastikan
“Sama kayak tahun lalu, Pak. Hehehe” ujar gw kegirangan.

Mr.T pun tersenyum. Gw juga apalagi... senyum2 seumringah gak henti. Wkwkwk.

Akhirnya Mr.T pun mengungkapkan alasan pemberian nilai tersebut. Gw dengan jujur ngasi tau ke Mr.T bahwa gw nggak nyangka bakal dapat nilai yang sama kayak tahun lalu.
“Saya ngiranya tahun ini bakal dapat C loh, Pak” kata gw blak-blakan.
Mr.T lagi2 senyum2. Wkwwk. 

Teman satu departemen penasaran dengan nilai gw. hehe


Ucapan terima kasih tak henti2nya gw ucapkan ke beliau. Tentunya juga nggak lupa gw ngucapin terima kasih ke Allah yang sudah menambahkan rezeki hambanya ini, ke kedua orangtua yang tidak pernah berhenti mendoakan anak rantauannya ini, dan tak luput terima kasih kepada semua rekan2 di OEG. Love y’all so much!!!!!

Diakhir tatap muka kemarin juga Mr.T ngasi gw wejangan dan saran untuk kebaikan gw kedepannnya. Seriuously,.. I can’t thank him enough. He's such a great and kind person EVER. Thanks sekali lagi pa boss terbaique. 

Testimoni mengenai boss gw dari mantan teman se-departemen.
  "Treat people as if they were what they ought to be, and you help them become what they are capable of being." - Johann Wolfgang von Goethe

0 comments:

Post a Comment