ATTITUDE IS A DECISION

SUMBER: google
Beberapa minggu belakangan ini, gw sempat berpikir mengenai tindakan yang harus gw ambil. Baik saat ngomong ama teman, saat memilih teman, saat belajar, saat main, dll...
Nah, disini gw mau fokus ceritain mengenai sikap yang gw ambil saat ngomong ama teman.

Akhir2 ini gw emang lagi sensi banget, setiap ada yang nyindir gw atau nyakat gw, otomatis gw langsung ngasi respond.

Semisal..

Malam itu ada kumpul di suatu organisasi. Gw datangnya telat soalnya ada tugas yang harus gw kerjain. Saat gw datang, eh ternyata kumpul2nya udah selesai. Akhirnya, gw pulang langsung dong yaaa. Namun, diperjalanan pulang gw ketemu dengan salah satu teman organisasi gw.. otomatis gw langsung nanya ke dia dong ya  mengenai acara kumpul2 tadi.
Anggap aja nama teman gw itu rizka.

Gw: riz, tadi lu ikut acara ngumpul2nya?
Rizka: ikut.. kamu kemana tadi? Pasti gak ikut? (nada bicaranya udah mulai jengekelin gw)
Gw: owh, iya.. gw tadi datang telat soalnya ada tugas penting. Eh, pas gw datang udah selesai kumpul2 nya. Biasanya kan ngaret2 gitu gak sih?
Rizka: gak! Kamu aja yang suka ngaret. Organisasi ini gak pernah ngaret! (nadanya udah mulai membentak. Dan setau gw organisasi ini selalu banget ngaret. Oke. Out of topic)
Gw udah mulai naik pitam dong ya. Gw nanya baik2, dia ngejawabnya kayak orang stres.
Gw: (hening)
Gw: owh, jadi tadi kesimpulan ngumpul2 nya apa, riz? Oh ya,... jadi yang jadi perangkat organisasinya siapa?
Rizka: ketua si X, wakil si Hedi dan , sekretaris si C,  dll..
Gw: ha? Wakil si hedi? Siapa itu hedi? (tanya gw penasaran. Soalnya nama ini asing banget di telinga gw)
Rizka: (lagi2 ngejawab dengan nada membentak) kamu gak pernah datang hearing pemira ya? Hedi itu promotor salah satu calon ketua...

saat dibentak  itu  Gw pengen banget nyiram tubuhnya dengan bensin dan langsung ngebakarnya. Dan ketawa setan negliat dia terbakar... AHAHAHAHA. M*MP*S LU!! (well, ini gak mungkin gw lakukan. terlalu sadis bahkan)
Ehm. Gak mungkin gw gak datang ke permira secara gw panitianya. Dan gak mungkin gw gak tau promotornya secara gw selalu duduk paling depan kalo lagi hearing.

Akhirnya gw menjawab..
“promotor? Edi maksud loh???????????????????????????????”
Rizka: iya..
Gw: tadi lo bilang hedi.. bukan edi.... (gw pengen banget bilang kayak gini “tadi lo bilang hedi.. bukan edi, ny*tttttt!!!!!”. Tapi, lagi2 gw harus bisa ngambil sikap kalo ngomong ama orang kayak gini)
Rizka: tadi aku juga bilang edi. Kamu nya aja yang gak denger.
Gw yang dari tadi udah emosi berat dan dibentak2 kayak gini, langsung aja ya gw balas
“UDAH RIZ! GW MUAK NGOMONG AMA LO!!!!!!” akhirnya gw cabut dan langsung pergi meninggalkan dia.. gw masih gak habis pikir gw ngebentak teman kayak gini saat gw udah KULIAH. Sungguh masih kekanak2an..
Ya.. ironis.. besoknya gw minta maaf ke dia, ya.. salah satu pengambilan sikap gw yang gak jelas.

Contoh lain:

Saat itu gw lagi berada dalam satu kepanitiaan bersama, anggap namanya rizka dan Doni.
Dan saat di kepanitiaan itu, doni gak pernah datang, sedangkan rizka datang selalu.
Sampai akhirnya..
Rizka: andi, mana doni??? Kenapa dia gak datang? Online facebook aja terus kerjanya... sekalian ajak dia ikut kepanitiaan kadwil
Gw: kenapa gak lo aja yang ngajak.. kan lu lebih dekat riz..  (jawab gw santai)
Seharusnya, gw bisa aja ngejawab kayak gini
“terserah dia dong riz mau datang mau gak. Urusan ama lo apa?” atau
“gw udah sering ngajak dia, ny*t!!!!! Dia nya aja yang gak mau!” atau mungkin
“kenapa lu nyuruh2 gw? Lu kira, gw babu lu??? Ha????” atau  mungkin kayak gini
“lu kok merasa mantap banget ya akhir2 ini? Liat dong diri lu beberapa bulan sebelumnya? Lu siapah??? Ha???” ( gw gak mungkin tega ngomong kayak gini walau dipaksa sekalipun)


Akhirnya, saat sampai di kosan, gw langsung ngomong dong ke doninya. Kebetulan doni itu teman sekosan gw.
“don, tadi rizka nanya kenapa lu gak datang artistik?”
Terus apa balasan  doni?
“kalo GUA gak sakit juga GW pasti datang, ndi!!!” bentak doni ke gw.
Gw bingung, kenapa gw yang dibentak. Lain kali, gw gak perlu sampaikan pesan2 gak penting kayak gitu lagi. #sikap
Oke.. yang gw tau, dia emang sakit saat itu, dan saat dia sembuh pun dia tetap gak datang. -____- (sorry, out of topic)


Lanjut contoh lain.

Masih di kepanitiaan yang sama. Oh ya... emang, salah banget kalo ngambil satu kepanitian ama teman dekat. Jadinya,,, ya kayak gw ini..
Pernah, satu malam gw gak datang bantu2 kepanitian dikarenakan saat itu gw mendadak pusing, dan besok siangnya gw juga gak datang, soalnya ketiduran, tetapi malam harinya gw sempatin datang untuk bantu2. Ternyata, malam itu gak ada lagi yang perlu dibantu soalnya udah selesai semua pekerjaannya.
Tapi... apa yang gw dapatin saat esok harinya...
“andi parah banget gak datang  bantu2 dua hari berturut2...” ucapnya saat gw baru datang dan mau duduk di suatu kelas kuliah. masih pagi woy.. baru mau mulai kuliah bahkan.

Saat dia ngomong kayak gitu, gw cuma bisa mikir, kata apa yang harus gw jawab untuk ngebalas omongannya. Sebenarnya ada banyak pilihan yang bisa gw jawab.
“gw Cuma gak datang 2 hari lu bilang “parah”? Terus lu mau ngomong apa ke teman2 yang Cuma datang sekali atau gak pernah datang sekalipun? Mau lu hina2 mereka???? Haaa??” atau
“gw Cuma gak datang satu hari ny*t! Itupun gw lagi pusing banget. Hari yang satunya gw datang,  tidak siangnya, tapi malamnya. ELU YANG KEMANA TADI MALAM HA??????? JELAS2 TADI MALAM ADA KUMPUL DIVISI DLL.”
Atau...
“owh iya... lu rajin banget ya datang.... gw emang pemalas nih.. parah banget ya gw.. sampah kayak gw harusnya gak ada disini ya.. hiks.. sedih ya nasib hidup gw... “

Tapi? Sikap apa yang gw ambil? Gw lebih milih diam seribu bahasa karena gw tau.. yang ngomong itu SAHABAT GW, walau dia bukan sahabat  gw pun gw gak mungkin tega ngomong kayak gitu. Gw gak mau mendapatkan masalah lagi karena sikap sensitif dan kesalahan gw saat pengambilan sikap. 

Tapi yasudahlah.. itu salah satu sikap yang gw ambil.  Dan gw merasa sikap yang gw ambil udah benar.  Walau akhirnya kami gak teguran lagi, gw gak menyesal dengan itu. Karena sekali lagi, gw rasa sikap yang gw ambil udah benar.





0 comments:

Post a Comment